07 Desember 2015

TLDO : Amper meter

TLDO
oleh : Surya Darma, ST
Amper Meter

digunakan untuk mengukur besaran arus listrik, ukuran amper meter biasanya dinyatakan dalam satuan ampere atau amp umumnya, untuk amper meter jepitan, rangkaian harus dibuka dan amper meter dihubungkan secara seri untuk mengukur aliran arus. sebelum menggunakan alat ukur ini sebaiknya dikalibrasi dulu agar pembacaan akhir menjadi tepat.
untuk mengalibrasi amper meter analog perhatikan jarum pada skala, jarum harus tepat pada angka 0. bila kurang tepat putar baut pada amper ke kiri atau kekanan sampai jarum tepat menunjuk angka nol.
bila kita ingin mengukur arus listrik pada arus AC (bolak-balik) maka gunakan amper meter jenis AC, dan bila arus DC (searah) yang diukur gunakan amper jenis DC.
 



setelah amper meter terpasang, kita dapat mengetahui besar kuat arus yang mengalir melalui penghantar dengan membaca amper meter melalui jarum penunjuk.
dalam membaca amper meter harus perhatikan karakteristik alat ukur karna jarum penunjuk tidak selalu menyatakan angka tepat. perhatikan amper meter sebelum membaca pada alat menggunakan satuan mili amper (mmA), mikro amper (µA) atau amper.


kuat arus yang terukur (pada alat) dapat dihitung dengan rumus:
A = Ampermeter yang digunakan


Pengukuran Arus Dengan AVO meter
Apabila dalam pengukuran arus menggunakan AVO meter, maka selector harus ditempatkan pada posisi DcmA, jika menggunakan AVO analog, maka cara membaca hasil pengukuran adalah batas ukur dibagi dengan penyimpangan skala penuh kemudian dikalikan dengan penunjukkan jarum, atau dapat dituliskan dengan rumus:












Tidak ada komentar:

Posting Komentar